Saturday 26 July 2014

Resep Adonan Puff Pastry

Puff Pastry adalah adonan untuk membuat kue-kue lain yang lebih variasi. Bisa dibilang, ini adalah kulit untuk membuat kue yang lain. Puff pastry identik dengan bentuknya yang sangat tipis dan mudah robek dengan kandungan mentega yang sangat banyak. Dengan teksturnya yang sangat lembut dan tipis maka anda harus hati-hati ketika menggunakannya. 

Puff pastry sudah banyak dijual di toko-toko kue, jadi mungkin yang malas membuatnya akan dimudahkan karena bisa beli jadinya dan bisa langsung bikin kue lain yang menggunakan puff pastry. Tapi bagi anda yang kesulitan untuk membelinya, harap tenang. Karena kali ini saya akan membagikan resep pembuatan kulit pastry/ puff pastry jadi gak perlu muter-muter dulu untuk beli adonan ini. Yukk..langsung baca aja resepnya.

Bahan Pasta Mentega Adonan Puff Pastry :

  • 340 g mentega, potong-potong berukuran 2x2 cm
  • 150 g tepung terigu protein sedang

Bahan Adonan Tepung Puff Pastry :

  • 280 g tepung terigu protein sedang
  • 280 g tepung terigu protein tinggi
  • 180 ml air
  • 4 btr kuning telur
  • 2 sdt garam

Cara Membuat Adonan Puff Pastry :

  1. Pasta mentega : Campur mentega dan tepung terigu menggunakan mixer berkecepatan rendah hingga tercampur rata. Pindahkan adonan ke dalam plastik wrap,  pipihkan hingga membentuk persegi panjang dengan tebal 6 cm. Bungkus pasta dalam plastik dan masukkan ke dalam lemari es selama membuat adonan tepung.
  2. Adonan tepung : Campur tepung terigu, kuning telur dan air menggunakan spatula hingga tercampur rata. Tambahkan 1-2 sdm air jika diperlukan untuk membuat adonan lembut tapi cukup padat dan keras. Pindahkan adonan ke atas meja datar yang telah ditaburi dengan tepung terigu. Uleni hingga adonan menjadi elastis dan lembut. Bulatkan adonan, bungkus dengan plastik rapat dan diamkan selama minimal 1 jam-semalam.
  3. Pindahkan adonan tepung ke atas meja yang telah ditaburi tepung, gilas dengan kayu penggilas hingga setebal 8 mm. Letakkan pasta mentega tepat di tengah-tengah adonan tepung, tekuk adonan tepung hingga menutupi pasta mentega. Istirahatkan kembali dalam kulkas selama 30 menit.
  4. Pindahkan adonan ke atas meja, gilas secara memanjang hingga tebalnya 1 cm. Tekuk kedua ujungnya hingga saling bertemu di tengah-tengah. Tekuk kembali kedua ujungnya. Balik adonan hingga tekukan berada di bawah. Gilas kembali adonan dan tekuk seperti sebelumnya. Bungkus adonan ke dalam plastik wrap dan diamkan selama 1 jam di lemari es.
  5. Keluarkan dari lemari es, biarkan sejenak dalam suhu ruang agar adonan lemas. Letakkan kembali adonan ke atas meja yang telah ditaburi tepung, dengan lipatan adonan berada di samping. Kemudian gilas dan tekuk seperti pada langkah 4. Lakukan gilas dan tekuk ini sama, selama 2 kali. Bungkus kembali ke dalam plastik wrap dan istirahatkan dalam lemari es (bukan freezer) selama semalam.
  6. Saat akan menggunakan adonan, keluarkan adonan dari lemari es biarkan sejenak di suhu ruang agar adonan sedikit melemas. Pipihkan dan bentuk bulat, persegi, segitiga atau yang lain sesuai dengan kue yang akan dibuat. Adonan puff pastry siap untuk digunakan.
Selamat Mencoba Membuat "Adonan Puff Pastry". Semoga sukses!!

No comments:

Post a Comment