Wednesday 15 October 2014

Resep Kue Mochi Pandan Isi Kacang Tanah

Kue mochi mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda. Kue ini berasal dari Jepang dimana biasanya banyak disajikan untuk merayakan mochitsuki atau perayaan tahun baru Jepang. Namun kue ini telah banyak beredar di masyarakat dengan berbagai macam variasi yang dilakukan. Kali ini saya akan membagikan resep mochi pandan dengan isian kacang tanah. Anda dapat melihat gambarnya seperti di bawah ini.
Di Indonesia, mungkin dari tampilannya mirip dengan kue tradisional kita klepon. Mungkin anda juga sudah tidak asing lagi dengan kue itu. Hanya saja perbedaannya ada pada isiannya. Sesuai dengan bahan-bahan pembuatannya, kue ini saya namai dengan kue mochi pandan isi kacang tanah. Penasaran untuk membuatnya?? Mari kita intip cara pembuatan kue mochi pandan isi kacang tanah seperti di bawah ini.

Bahan Kue Mochi Pandan Isi Kacang Tanah :

  • 220 g tepung ketan putih
  • 110 g gula pasir
  • 200 ml santan atau bisa di ganti dengan susu
  • 1/2 cup tepung ketan sangrai, untuk taburan
  • Pasta pandan/pewarna secukupnya

Bahan Isi Kacang Kue Mochi Pandan :

  • 100 gram kacang tanah sangrai
  • 2 sdm gula kastrol
  • 2 sdm air panas

Cara Membuat Kue Mochi Pandan Isi Kacang Tanah :

  1. Isi mochi  : Campur kacang tanah dan gula kastrol, blender kasar. Tambahkan air dan aduk sampai tercampur rata dan dapat dipulung/dibulatkan.
  2. Mochi : Campur tepung ketan dan gula, aduk rata. Masukan santan/susu sambil diaduk rata. Beri pewarna atau pasta, tuang dalam pinggan tahan panas yang berukuran lebar yang telah diolesi minyak agar matangnya cepat. Kukus selama 30 menit atau sampai ditusuk adonan tidak lengket. Angkat adonan ketan dan tuang diatas work mat yang sebelumnya di beri tepung ketan sangra. Pipihkan dengan rolling pin lalu potong-potong kotak.
  3. Penyelesaian : Ambil kulit mochi yang telah dipotong, beri isian di tengah lalu tutup dan rapatkan. Bulatkan adonan dengan cara di putar-putar/glindingkan. 
  4. Mochi pandan isi kacang tanah siap untuk disajikan.

No comments:

Post a Comment