Monday 10 February 2014

Resep Adonan Kulit Pastel Renyah dan Gurih

Pastel adalah salah satu kue yang banyak disukai orang mulai dari anak kecil hingga dewasa dan sangat mudah dijumpai di berbagai penjual kue. Namun tidak jarang dari kita yang meragukan bahan-bahan dan cara pembuatan penjual kue saat membuat adonan pastel. Hal itulah yang membuat kita lebih menyukai untuk membuat kue sendiri untuk memastikan bahwa makanan yang kita makan bergizi dan baik untuk kesehatan, salah satunya adalah kue pastel.
Pastel sendiri ada dua macam yaitu pastel basah dan pastel kering yang dapat diisi dengan berbagai varian rasa. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kue ini sangat mudah didapat, namun banyak orang yang merasa kebingungan dengan cara pembuatan kulit pastel karena bagian pinggir dari kulit pastel yang harus dibuat renyah dan dulu dibuat dengan cara dicubit (sebelum ada cetakan pastel). Kali ini saya siapkan resep khusus cara pembuatan kulit pastel agar bisa disimpan dan sewaktu-waktu bisa dengan mudah dibuat kembali sesuai dengan keinginan. Baca resep kulit pastelnya di bawah ini ya..

Bahan Adonan Kulit Pastel :

  • 400 g tepung terigu protein sedang
  • 50 g margarin
  • 100 ml air hangat kuku
  • 3 btr telur
  • 1/2 sdt garam
  • minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Adonan Kulit Pastel :

  1. Campur tepung terigu, garam, telur dan air hingga merata. 
  2. Masukkan margarin, aduk rata kembali hingga mudah dibentuk. 
  3. Bentuk bulat-bulat kecil agar mudah untuk digiling.
  4. Giling adonan hingga ketebalan 2,5 mm dan cetak dalam cetakan pastel berdiameter 6-7 cm atau bisa juga dengan dicubit dibagian pinggir kulit pastel ketika sudah diisi dengan isian.
  5. Adonan kulit pastel siap untuk diisi dengan bahan isian pastel sesuai selera.
Selamat Mencoba Membuat "Adonan Kulit Pastel". Semoga sukses.

No comments:

Post a Comment