Sunday 23 March 2014

Resep Kue Bikang Mawar Kenyal dan Lembut

Bikang adalah salah satu kue tradisional yang banyak disukai orang, tidak terkecuali dengan ayah saya. Entah kenapa ayah saya sangat suka dengan kue satu ini. Jadi kalau pas jalan-jalan dan melihat kue ini, otomatis langsung refleks ingat ayah. Banyak orang suka dengan kue bikang karena bentuknya yang begitu cantik dan unik dan terlihat begitu rumit proses pembentukan kuenya hingga mekar menyerupai bunga mawar. Lihat saja gambarnya di bawah ini.
Terlihat begitu rumit bukan? berkali-kali saya coba membuat kue ini selalu saja gagal. Awalnya gak bisa mekar, jadi mirip seperti kue lumpur warna-warni gitu. Trus coba bikin kedua kalinya, mekar sih..tapi gak bisa maksimal kayak gambar di atas. Sampai akhirnya saya tau, kalau pengen bikin kue bikang mekar kayak gambar di atas..gak perlu lagi mengeluarkan dari cetakan dengan cara dicukit. Tapi justru dengan cara digunting. Ikuti resepnya yukk..

Bahan Kue Bikang Mawar :

  • 475 g tepung beras
  • 250 g gula pasir
  • 125 g tepung terigu
  • 1 ltr santan, bagi 2 (600 ml ; 400 ml)
  • 1 1/2 sdm tepung tapioka
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 2 lbr daun pandan, simpulkan
  • pewarna hijau dan merah

Cara Membuat Kue Bikang Mawar :

  1. Rebus 600 ml santan, garam dan daun pandan hingga mendidih. Angkat lalu masukkan gula pasir, aduk-aduk hingga gula larut dan diamkan hingga santan menjadi hangat.
  2. Masukkan tepung beras, tepung terigu, tepung tapioka dan vanili bubuk sedikit demi sedikit ke dalam santan hangat sambil diaduk hingga adonan menjadi licin.
  3. Rebus sisa santan (400 ml) hingga mendidih lalu tuang ke dalam adonan dan aduk hingga rata.
  4. Bagi adonan menjadi 2, sebagian biarkan berwarna putih dan sebagian lain bagi lagi menjadi 2 dengan masing-masing beri pewarna hijau dan merah muda. Aduk hingga rata.
  5. Tuang adonan putih, dilanjutkan dengan adonan hijau dan merah ke dalam cetakan kue bikang/kue lumpur yang telah diolesi margarin sebelumnya. Panggang kue hingga benar-benar matang sempurna.
  6. Keluarkan kue dari cetakan tanpa dicukit. Gunting melingkar bagian tengah kue, dan gunting dan bagi tepi kue menjadi 6-8 bagian seperti pada gambar di atas.
  7. Tarik kue hingga mekar seperti mawar dan alasi kue dengan cup kertas agar bentuk kue tetap kokoh.
  8. Kue bikang mawar siap untuk disajikan.
Selamat Mencoba Membuat "Kue Bikang Mawar". Semoga Sukses.

Baca juga resep lain yang serupa dengan kue ini :
Resep Kue Bika Ambon Pandan Keju
Resep Kue Lumpur Labu Kuning
Resep Kue Bingka Kentang
Resep Kue Pukis Pandan
Resep Kue Bika Singkong

No comments:

Post a Comment