Tuesday 7 January 2014

Resep Kue Klepon Ketan Isi Gula Merah Kenyal dan Enak

Kue-kue yang ada saat ini terdiri dari berbagai macam jenis yang mudah diperoleh mulai dari penjual keliling, pedagang kaki lima, warung, pasar hingga toko-toko kue. Beragam jenis kue yang tersebar tersebut tidak dapat diketahui secara pasti apakah kue tersebut aman dikonsumsi atau tidak karena di jaman modern sekarang ini pun sedang marak adanya penambahan bahan tambahan makanan yang tidak sesuai atau bahan-bahan pengawet yang tidak baik untuk kesehatan. Nah, daripada ragu-ragu ada baiknya menyajikan kue buatan sendiri yang bisa kita kontrol bahan dan cara pembuatannya. Sehingga dapat dipastikan sehat. Resep kue yang saya bagikan ini adalah kue klepon ketan isi gula merah.
Kue klepon tentunya sudah tidak asing lagi bagi kalian, karena kue ini sudah banyak dikenal masyarakat seantero negeri ini. Klepon ketan ini juga salah satu kue kesukaan saya karena teksturnya empuk dan kenyal dengan rasa pandan yang khas serta di dalamnya ada gula merah yang meleleh yang membuat saya selalu merasa kangen karena kue tradisional ini sudah agak jarang ditemui dan tergantikan dengan kue-kue modern saat ini. Jadi kalau pas ketemu bisa langsung beli, tapi kalau gak ya..bisa juga buat sendiri pakai resep kue klepon di bawah ini.

Bahan Kue Klepon Ketan Isi Gula Merah :

  • 250 g tepung ketan, ayak
  • 200 g gula merah, sisir tipis
  • 50 g tepung beras
  • 280 ml air
  • 1/2 buah kelapa, parut
  • 2 sdt pasta pandan
  • 1/4 sdt kapur sirih + 50 ml air
  • 1 lbr daun pandan

Cara Membuat Kue Klepon Isi Gula Merah :

  1. Campur kapur sirih dan 50 ml air hingga rata. Ambil 2 sdt air kapur, sisihkan.
  2. Campur tepung ketan dan tepung beras hingga merata.
  3. Masukkan pasta pandan dan air kapur, aduk sebentar. Tambahkan air, aduk rata kembali hingga adonan mudah dibentuk.
  4. Ambil sebagian kecil adonan, bentuk seperti bola dan pipihkan. Kemudian tambahkan gula merah, letakkan di tengah-tengah adonan dan bulatkan kembali. Lakukan langkah ini hingga adonan habis.
  5. Masukkan adonan klepon ke dalam air mendidih dengan api sedang. Angkat klepon ketika sudah melayang.
  6. Masukkan klepon ke dalam panci pengukus dan kukus sebentar dengan menambahkan daun pandan.
  7. Angkat dan guling-gulingkan klepon ke dalam parutan kelapa hingga seluruh lapisan klepon tertutupi oleh parutan kelapa. Kue klepon isi gula merah siap disajikan.
Selamat Mencoba Membuat "Kue Klepon Ketan Isi Gula Merah". Semoga sukses.

Baca juga resep dari tepung ketan yang lain :

No comments:

Post a Comment