Wednesday 13 August 2014

Resep Kue Lemet Singkong Isi Pisang

Kangen juga dengan kue satu ini. Selama ini yang saya tahu, kue lemet itu berasal dari singkong saja dan tidak ada isinya. Tapi baru-baru ini saya baru tau kalau ternyata ada juga lemet singkong yang diberi isian pisang. Lemet singkongnya aja saya sudah suka, apalagi kalau dikasih isian pisang. Pasti lebih enak, apalagi kalau masih hangat.
Lemet pisang adalah salah satu pangan tradisional yang mempunyai rasa yang tidak kalah enak dengan kue-kue modern saat ini. Kue ini memiliki rasa manis dari gula merah yang khas, ada gurih-gurihnya juga. Tapi sayang, kue ini udah termasuk langka banget. Jarang ada orang bikin, apalagi untuk dijual. Padahal enak lhohh.. Kalau di rumah, ibu yang suka bikin lemet singkong ini dan yang jelas bakal cepet habis deh..apalagi kalau masih anget dan lagi hujan, ludes deh. Yukk intip cara pembuatan lemet singkong isi pisang ini.

Bahan Kue Lemet Singkong Isi Pisang :

  • 2 kg singkong, kupas dan parut
  • 15 buah pisang raja
  • 1 buah kelapa muda, parut memanjang
  • 1/2 kg gula merah, sisir
  • gula pasir secukupnya
  • 1 sdt garam
  • daun pisang

Cara Membuat Kue Lemet Singkong Isi Pisang :

  1. Bagi pisang menjadi 2 bagian, sebagian untuk dilumatkan dan sebagian yang lain dibelah 2 memanjang.
  2. Campur singkong, kelapa, gula merah, gula pasir, garam dan pisang yang dilumatkan hingga merata. Diicipi rasanya (sudah sesuai/belum kemanisannya).
  3. Ambil selembar daun pisang, taruh sesendok makan penuh adonan singkong. Pipihkan adonan, kemudian letakkan pisang yang dibelah di tengah-tengah adonan dan ditambahkan adonan kembali di bagian atasnya agar pisang bisa seluruhnya tertutupi oleh singkong. Bentuk memanjang dan tusuk daun dengan lidi bagian ujungnya.
  4. Ulangi langkah 3 sampai seluruh adonan habis dan kukus selama sekitar 30 menit hingga matang. Kue lemet pisang siap dihidangkan.
Selamat Mencoba Membuat "Kue Lemet Singkong Isi Pisang". Sukses!!

Baca juga resep tradisional favorit kita :
Resep Kue Lumpur Kentang
Resep Kue Timus Ubi Ungu
Resep Kue Lapis Pandan
Resep Kue Pukis Pandan
Resep Kue Mangkong Gula Merah

No comments:

Post a Comment