Thursday 13 November 2014

Resep Kue Lapis Pandan

Kue lapis pasti sudah tidak asing lagi ya dear,, Makanan tradisional satu ini memang masih awet dan masih suka dipakai untuk suguhan di beberapa pertemuan. Rasanya yang manis dan teksturnya yang kenyal rupanya masih menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat, tidak terkecuali dengan lapis pandan. Aroma dari daun pandan selalu membuat cita rasa kue lebih nikmat. Sudah pernah mencobanya dear?
Untuk membuat kue satu ini prosesnya sangat mudah dear,, bahan-bahannya pun simple dan gambar dicari. Tapi, butuh kesabaran lebih untuk prosesnya karena bisa lebih lama dari kue-kue pada umumnya terutama pada saat penuangan lapis per lapis. Tapi tetap sebanding dengan hasil yang akan kita nikmati nanti. Kue ini cocok untuk suguhan atau untuk bisnis juga lho dear,, karena bahan-bahannya yang sangat simple jadi biayanya pun sedikit. Lihat proses pembuatannya seperti di bawah ini ya dear,,

Bahan Kue Lapis Pandan :

  • 180 g tepung beras
  • 100 g gula pasir
  • 50 g tepung tapioka
  • 400 ml santan
  • 1 lbr daun pandan
  • garam secukupnya
  • pewarna hijau secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kue Lapis Pandan :

  1. Rebus santan, daun pandan dan garam. Angkat, dinginkan dan sisihkan.
  2. Campur tepung terigu, tepung tapioka dan gula pasir hingga rata. Masukkan santan dan aduk kembali hingga adonan kalis.
  3. Bagi adonan lapis menjadi 2 bagian. Tambahkan pewarna hijau ke dalam salah satu adonan, sedangkan adonan satu lainnya biarkan berwarna putih.
  4. Tuang selapis adonan warna putih ke dalam loyang yang telah diolesi dengan sedikit minyak. Kukus selama 5 menit. Tambahkan adonan warna hijau di atas adonan warna putih, kukus kembali hingga 5 menit. Ulangi langkah ini secara bergantian hingga seluruh adonan habis. Kukus kembali selama 15 menit.
  5. Angkat, dinginkan dan potong-potong kue lapis pandan sesuai selera dan segera sajikan.
Selamat Mencoba Membuat "Kue Lapis Pandan". Semoga sukses!!

No comments:

Post a Comment