Monday 8 September 2014

Resep Kue Bakpao Lembut Isi Coklat

Bakpao adalah makanan yang berasal dari Cina tapi sekarang keberadaannya di Indonesia sudah menjadi kue yang cukup populer. Di Cina, kue ini biasa disajikan sebagai menu penutup saat makan. Tapi di Indonesia, kue ini biasa di makan sebagai cemilan di waktu santai atau untuk orang-orang sibuk yang tidak sempat memasak atau tidak sempat makan, bakpao ini menjadi salah satu pilihan kue yang dipilih. Karena selain enak dan lembut teksturnya, kue satu ini juga sangat mengenyangkan.
Bakpao lebih nikmat ketika disajikan dalam kondisi masih hangat. Biasanya para penjual bakpao keliling  menaruh kue ini di panci uap agar waktu dibeli, kue ini tetap dalam kondisi hangat. Bakpao sendiri terdiri dari berbagai variasi rasa mulai dari coklat, keju, kacang hijau hingga daging. Kue ini sangat cocok bagi pelaku bisnis, karena dalam proses pembuatan bakpao adonannya bisa mengembang cukup besar. Jadi bahan-bahan yang sedikit bisa menghasilkan banyak bakpao dengan berbagai variasi rasa. Oke, kita coba lihat cara pembuatannya yukk..

Bahan Kulit Kue Bakpao Isi Coklat :

  • 400 g tepung terigu
  • 100 g gula pasir
  • 150 cc air hangat
  • 1 sachet ragi instan
  • 2 sdm mentega tawar
  • 1 sdt baking powder
  • kertas roti secukupnya

Bahan Isian Coklat Kue Bakpao :

  • 100 g gula pasir
  • 100 g coklat bubuk

Cara Membuat Kue Bakpao Isi Coklat :

  1. Isi coklat : Campur seluruh bahan isi bakpao, aduk hingga rata. Sisihkan.
  2. Bakpao : Campur gula pasir, ragi instan dan air hangat hingga larut dan tercampur rata. Tambahkan 100 g tepung terigu, aduk rata kembali dan diamkan selama 15 menit. Setelah 15 menit, masukkan 300 g tepung terigu, mentega tawar dan baking powder. Uleni adonan hingga kalis. Masukkan adonan dalam mangkok besar dan tutupi dengan serbet. Diamkan hingga mengembang selama 30 menit. Kempeskan adonan kemudian diamkan adonan hingga mengembang kembali selama 15 menit. Kempeskan kembali adonan dan bagi adonan menjadi bulat-bulat kecil.
  3. Ambil bulatan adonan bakpao. Pipihkan kemudian isi dengan gula coklat dan bulatkan kembali. Letakkan di atas kertas roti berukuran sekitar 10x10 cm. Lakukan langkah ini hingga seluruh adonan habis.
  4. Kukus bakpao coklat sekitar 15 menit sampai matang (ditusuk tidak lengket). Sajikan hangat.
Selamat Mencoba Membuat "Kue Bakpao Lembut Isi Coklat". Good Luck!!

Baca juga resep kue dari mancanegara yang lain :

No comments:

Post a Comment