Saturday 13 December 2014

Resep Kue Klepon Ubi Ungu

Klepon adalah salah satu kue tradisional yang sudah agak sulit ditemui di penjual-penjual kue. Oleh karena itu, kue ini satu ini dibuat semakin modern dengan divariasikan rasa dan bentuknya dengan menggunakan bahan baku ubi ungu yang dikukus dan kemudian dihaluskan. Cara pembuatan klepon ubi ungu dan klepon ketan sebenarnya hampir sama. Hanya saja di klepon ubi ungu ini rasanya langsung khas dari ubi ungu, sedangkan kalau klepon ketan, rasanya biasanya ditambah dengan pasta pandan karena warna kebanyakan dari klepon adalah hijau.
Selain cara pembuatannya yang begitu mudah, kue ini juga memiliki daya tarik tersendiri karena warna ungunya dan yang jelas warna ungunya alami tanpa pewarna buatan. Jadi selain enak juga aman dan menyehatkan. Tapi terkadang, ada beberapa penjual kue yang tetap memberikan pewarna buatan agar dapat mengurangi ubi ungu yang digunakan tanpa kita tau. Karena mungkin harga ubi ungu yang lebih mahal dari ubi jalar yang lain membuat penjual kue akan tertarik menggunakan ubi jalar dan pewarna buatan, tentu saja agar dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar. Jadi daripada ragu-ragu untuk membeli, mending bikin klepon ubi ungunya di rumah aja dengan mengikuti resep di bawah ini. Gampang dan cepet kok.

Bahan Kue Klepon Ubi Ungu :

  • 250 g ubi ungu manis, kukus dan haluskan
  • 100 g tepung ketan
  • 100 g kelapa parut + garam secukupnya, campur dan kukus
  • 50 g gula merah, sisir
  • 75 ml air hangat

Cara Membuat Kue Klepon Ubi Ungu :

  1. Campur ubi ungu halus dengan tepung ketan dan air hangat hingga merata, kalis dan halus.
  2. Ambil adonan secukupnya, pipihkan dan kemudian isi dengan gula merah. Rekatkan hingga membentuk bulat-bulat kecil. Lakukan hingga seluruh adonan habis.
  3. Masukkan adonan ke dalam air mendidih, masak hingga mengembang dan matang. Angkat dan tiriskan.
  4. Guling-gulingkan klepon ke dalam parutan kelapa yang telah dikukus sebelumnya dan klepon ubi ungu siap untuk disajikan.
Selamat Mencoba Membuat "Kue Klepon Ubi Ungu". Semoga sukses.

Baca juga resep dari ubi ungu yang lain :

No comments:

Post a Comment