Sunday 14 December 2014

Resep Puding Yoghurt Caramel Fresh & Creamy

Agar-agar adalah salah satu bahan pangan yang tidak pernah habis divariasikan menjadi puding beraneka rasa dengan berbagai bahan yang digunakan, salah satunya adalah variasi agar-agar dan yoghurt. Kali ini saya akan membagikan resep puding yoghurt caramel. Cobe lihat gambar di bawah deh, menarik bukan? rasa puding yang fresh dan cocok disajikan dingin ini terlihat memiliki tekstur yang sangat lembut dan creamy.
Seperti namanya, sudah dapat diketahui kalau beberapa bahan yang digunakan antara lain agar-agar, yoghurt (yang saya pakai yoghurt jeruk), dan caramel. Kalau kue berbahan baku karamel, sebelumnya sudah pernah saya bagikan yaitu resep kue bolu karamel, resep kue coklat karamel dan resep puding roti caramel. Kalau untuk resep puding, sudah banyak. Tapi ini mungkin pertama kalinya saya bagikan resep berbahan yoghurt. Sudah pernah coba puding yoghurt caramel? pengen tau cara buatnya? yukk intip aja resepnya seperti di bawah.

Bahan Lapis I Puding Yoghurt Caramel :

  • 75 g gula pasir utk karamel
  • 50 g gula pasir
  • 1 bks agar-agar putih

Bahan Lapis II Puding Yoghurt Caramel :

  • 300 g susu cair
  • 15 g gula pasir
  • 100 ml yoghurt jeruk
  • 1 bks agar-agar putih
  • 1 kaleng jeruk mandarin
  • 50 g gula pasir
  • 2 btr putih telur

Cara Membuat Puding Yoghurt Caramel :

  1. Lapisan I : Panaskan gula pasir sampai gosong. Masukkan 200 ml susu cair hingga larut, angkat dan sisihkan. Rebus sisa susu cair dan agar-agar sambil diaduk hingga mendidih. Masukkan karamel yang sudah dibuat, aduk rata kembali hingga mendidih. Tuang adonan ke dalam loyang tulban berdiameter 22 cm dan tinggi 7 cm. Diamkan dan bekukan.
  2. Lapisan II : Rebus susu cair, 15 g gula pasir dan agar-agar sambil diaduk hingga mendidih. Masukkan yoghurt jeruk, aduk rata kembali hingga mendidih. Angkat, sisihkan. Kocok putih telur hingga mengembang, tambahkan 50 g gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok. Masukkan rebusan agar-agar yoghurt sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga rata. Tambahkan jeruk mandarin, aduk rata kembali.
  3. Tuang adonan lapis putih telur di atas puding lapisan karamel. Bekukan dan dinginkan.
  4. Puding yoghurt caramel siap untuk disajikan.
Selamat Mencoba Membuat "Puding Yoghurt Caramel". Semoga sukses.

Baca juga resep puding dari buah yang lain :
Resep Puding Almond Saus Mangga
Resep Puding Pepaya
Resep Puding Bening Isi Buah
Resep Puding Jeruk Leci
Resep Puding Busa Strawberry

No comments:

Post a Comment