Sunday 7 December 2014

Resep Puding Ubi Ungu

Ubi ungu adalah salah satu bahan pangan yang saya suka, karena rasa ubinya yang manis dan agak berbeda dari ubi warna putih. Warna ungu alami dari ubi ini membuat sajian olahan ubi ungu menjadi cantik dan tidak perlu ditambah dengan bahan tambahan makanan yang lain. Tapi, banyak orang yang bingung mau diapakan ubi ungu yang cantik ini. Kalau dimakan dengan dikukus saja mungkin sudah bosan ya, gimana kalau dibuat puding? puding ubi ungu. Coba lihat gambarnya di bawah ini.
Cantik dan menarik bukan? bukan cuma rasanya yang enak dan fresh, makanan satu ini memiliki kandungan karbohidrat yang cukup banyak dari ubi ungunya. Bahkan, kandungan karbohidratnya tidak kalah dengan nasi. Belum lagi kandungan-kandungan dari bahan yang lain, jadi sudah pasti puding ini selain enak juga bergizi. Mau coba bikin? Tenang, di bawah ini akan saya bagikan resep pembuatan puding ubi ungu selengkap-lengkapnya. Disimak ya...

Bahan Puding Ubi Ungu :

  • 4 buah ubi ungu sedang, kukus, haluskan dan saring
  • 2 bks agar-agar putih
  • 100 g gula pasir
  • 480 ml susu cair
  • 5 gelas air
  • 1 sdt vanilla essence

Cara Membuat Puding Ubi Ungu :

  1. Masukkan 1,5 bks agar-agar, air, sari ubi ungu, vanilla essence ke dalam panci. Masak dengan api sedang sambil diaduk-aduk hingga rata dan mendidih.
  2. Tuang adonan ke dalam cetakan puding yang telah diperciki air. Diamkan selama 1 jam atau hingga permukaannya mengeras.
  3. Sementara menunggu, masak 1/2 bks sisa agar-agar putih, susu cair dan gula pasir sambil diaduk-aduk dengan api kecil hingga mendidih.
  4. Tuang adonan puding susu di atas puding ubi ungu. Diamkan kembali hingga mengeras.
  5. Keluarkan dari cetakan, masukkan dalam lemari pendingin dan sajikan puding ungu selagi dingin.
NB : Ampas dari sari ubi ungu bisa dibuat kue timus ubi ungu. Silahkan baca resep kue timus ubi ungu selengkapnya

Selamat Mencoba Membuat "Puding Ubi Ungu". Sukses!!

Variasikan ubi ungu anda, dengan membuat kue yang lain. Berikut resepnya :

No comments:

Post a Comment